KEGIATAN BELAJAR 2
BUNYI-BUNYI HURUF HIJAIYAH YANG HAMPIR SAMA
A. Standar Kompetensi : MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri.
B. Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat.
C. Indikator : - Membedakan huruf-huruf hijaiyah yang memiliki makhraj yang hampir sama.
- Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dengan makhraj yang tepat.
D. Tujuan Pembelajaran
Agar siswa mampu melafalkan makhraj-makhraj huruf-huruf hijaiyah dengan tepat.
E. Kegiatan Belajar
1. Guru / beberapa siswa yang sudah bisa melafalkan huruf-huruf hijaiyah membacakan satu persatu dengan fasih dan benar huruf yang memiliki makhraj sama
2. Siswa mendengarkan bacaan guru atau siswa mendengarkan bacaan teman sekelasnya dengan baik.
F. Materi Belajar
1. Huruf-huruf hijaiyah yang hampir sama :
Ketika berharakat fathah, sukun, dan tasydid | | د | ط | ت | 1 |
Ketika berharakat fathah, sukun, dan tasydid | ص | ث | ش | س | 2 |
Ketika berharakat fathah, sukun, dan tasydid | | ض | ظ | ذ | 3 |
Ketika berharakat fathah, sukun, dan tasydid | | هه | خ | ح | 4 |
Ketika berharakat fathah, sukun, dan tasydid | | | ء | ع | 5 |
Ketika berharakat fathah, sukun, dan tasydid | | | ق | ك | 6 |
Ketika berharakat fathah, sukun, dan tasydid | | | ي | ز | 7 |
2. Bunyi bacaan huruf yang hampir sama dan berharakat fathah, kasroh, dan dlommah :
| دَ دِ دُ | طَ طِ طُ | تَ تِ تُ |
صَ صِ صُ | ثَ ثِ ثُ | شَ شِ شُ | سَ سِ سُ |
| ضَ ضَ ضِ | ظَ ظِ شُ | ذَ ذِ ذُ |
| هَه هِه هُه | خَ خِ خُ | حَ حِ حُ |
| | ءَ ءِ ءُ | عَ عِ عُ |
| | قَ قِ قُ | كَ كِ كُ |
| | يَ يِ يُ | زَ زَ زُ |
3. Bunyi bacaan huruf yang berharakat mati/sukun :
| إِدْ | إِطْ | إِتْ |
إِصْ | إِثْ | إِشْ | إِسْ |
| إِضْ | إِظْ | إِذْ |
| إِهْه | إِخْ | إِحْ |
| | إِءْ | إِعْ |
| | إِقْ | إِكْ |
| | إِيْ | إِزْ |
4. Bunyi bacaan huruf yang berharakat tasydid :
| إِدَّ | إِطَّ | إِتَّ |
إِصَّ | إِثَّ | إِشَّ | إِسَّ |
| إِضَّ | إِظَّ | إِذَّ |
| إِهَّه | إِخَّ | إِحَّ |
| | إِءَّ | إِعَّ |
| | إِقَّ | إِكَّ |
| | إِيَّ | إِزَّ |
5. Contoh dalam kata :
طَالِبٌ – طَالِبَةٌ – مَدْرَسَةٌ | | د | ط | ت | 1 |
سَبْعَةٌ – عَشَرَةٌ – ثَلاَثٌ – صُوْرَةٌ | ص | ث | ش | س | 2 |
أُسْتَاذٌ – مُوَظَّفٌ – مُمَرِّضَةٌ | | ض | ظ | ذ | 3 |
هَاشِمْ – خَالِدٌ – حَقِيْبَةٌ | | هه | خ | ح | 4 |
إِسْمٌ – عَبْدُ اللهِ | | | ء | ع | 5 |
قَلَمٌ – كِتاَبٌ | | | ق | ك | 6 |
يَدٌ – فَوْزِيَّةٌ | | | ي | ز | 7 |
6. Contoh dalam kalimat :
مذكر | مؤنث | ||
أَنَا أَحْمَدُ | أَنَا عَبْدُ الله | أَنَا عَائِشَةُ | أَنَا نُوْرُ الْعَزِيْزَةِ |
هَلْ أَنْتَ صَدِيْقٌ؟ | هَلْ أَنْتَ هَاشِمُ؟ | هَلْ أَنْتِ ثُوَيْبَةْ؟ | هَلْ أنتِ سُعَادُ؟ |
هُوَ ضَابِطٌ | هُوَ مُوَظَّفٌ | هِيَ تِلْمِيْذَةٌ | هِيَ أُسْتَاذَةٌ؟ |
هَذَا خَالِدٌ | هَذَا حَامِدٌ | هَذِهِ خَالِدَةٌ | هَذِهِ حَلِيْمَةٌ |
مَا اسْمُكَ؟ | إِسْمِيْ عَبْدُ الْعَزِيْزِ | مَا اسْمُكِ؟ | إِسْمِيْ أمِنَةُ |
مَا ذَالِكَ؟ | ذَالِكَ قَلَمٌ | مَا تِلْكَ؟ | تِلْكَ كُرَّاسَةٌ |
مَاذَا عَلَى الْكُرْسِيِّ؟ | أَيْنَ يَحْيَ؟ | مَنْ فِى الْفَصْلِ؟ | زَكِيَّةٌ فِى الْفَصْلِ؟ |
اَلطَّالِبُ فِى الْفَصْلِ | اَلْوَلَدُ فِى الْبَيْتِ | اَلْمُدَرِّسَةُ جَمِيْلَةٌ | اَلْبِنْتُ صَالِحَةٌ |
G. Latihan
a. Latihan satu menentukan dan menguraikan huruf apa saja yang terdapat dalam sebuah kata
مُوَظَّفٌ | 8 | أَناَ | 1 |
أُسْتَاذَةٌ | 9 | عَائِشَةُ | 2 |
أَحْمَدُ | 10 | صَدِيْقٌ | 3 |
خَالِدٌ | 11 | هَاشِمُ | 4 |
هَذِهِ | 12 | ثُوَيْبَةٌ | 5 |
اَلْقَلَمُ | 13 | سُعَادُ | 6 |
كُرْسِيٌّ | 14 | ضَابِطٌ | 7 |
b. Latihan dua; menentukan dan menguraikan huruf apa saja yang terdapat dalam sebuah kalimat
هَذَا مُوَظَّفٌ | 8 | أَناَ تِلْمِيْذٌ | 1 |
هِيَ أُسْتَاذَةٌ | 9 | عَائِشَةُ تِلْمِيْذَةٌ | 2 |
هَلْ هَذَا أَحْمَدُ؟ | 10 | صَدِيْقٌ مُدَرِّسٌ | 3 |
نَعَمْ، هُوَ خَالِدٌ | 11 | هَلْ أَنْتَ هَاشِمُ؟ | 4 |
مَا هَذِهِ ؟ | 12 | هَذِهِ ثُوَيْبَةُ | 5 |
اَلْقَلَمُ جَدِيْدٌ | 13 | سُعَادُ جَمِيْلَةٌ | 6 |
الكُرْسِيُّ جَمِيْلٌ | 14 | هُوَ ضَابِطٌ | 7 |
c. Latihan tiga; menentukan kata atau kalimat yang didengar siswa melalui MP3.
H. Rangkuman
1. Huruf-huruf yang hampir sama akan mudah dibedakan dengan cara memperhatikan tempat keluarnya huruf hijaiyah.
2. Untuk mengetahui dan melafalkan huruf-huruf yang memiliki makhraj hampir sama, maka sebaiknya siswa berlatih dengan memperhatikan lisan atau bacaan guru pembimbingnya, atau bisa dilakukan dengan cara memperhatikan bacaan dari beberapa teman yang sudah dianggap menguasai makhorijul huruf.
I. Tes Formatif
1. Soal
Bacalah huruf-huruf berikut ini, dengan cara menuliskan huruf latinnya!
١. هَذَا طَالِبٌ
٢. هَذِهِ مُوَظَّفَةٌ
٣. ذَالِكَ قَلَمٌ
٤. تِلْكَ كُرْسِيٌّ
٥. اَلْحَقِيْبَةُ جَمِيْلَةٌ
٦. اَلْكُرْسِيُ جَدِيْدٌ
٧. هُوَ أُسْتَاذٌ
٨. هِيَ مُدَرِّسَةٌ
٩. ثُوَيْبَةُ غَنِيَّةٌ
١٠. هَلْ أَنْتَ يَحْيَ؟
2. Umpan Balik dan Tindak Lanjut
Setelah anda selesai mengerjakan soal di atas, cocokkanlah jawaban anda dengan kunci jawaban pada tes formatif 1 yang ada pada bagian modul ini. Hitunglah jawaban anda yang benar, kemudian gunakan rumusan di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan anda terhadap materi kegiatan belajar ini.
Rumus
Arti tingkat penguasaan yang anda capai
90% - 100% : Baik Sekali
80% - 89% : Baik
70% - 79% : Sedang
< 70% : Kurang
Kalau anda mencapai (menguasai) hingga 80% ke atas, anda dapat meneruskan dengan kegiatan belajar 2 Bagus. Bila tingkat penguasaan anda masih di bawah 80% anda harus mengulangi lagi, terutama pada bagian yang belum anda kuasai.
2. Kunci jawaban
1 | Hadzaa Thoolibun |
2 | Hadzihi Muwazh_zhofatun |
3 | Dzalika Qolamun |
4 | Tilka Kursiy_yun |
5 | Alhaqiibatu Jamiilatun |
6 | Alkursiy_yu Jadiidun |
7 | Huwa Ustaadzun |
8 | Hiya Mudar_risatun |
9 | Tsuwaybatu Ghoniy_yatun |
10 | Hal Anta Yahya |
KOSA KATA BARU
طَالِبٌ = | Siswa | | سَبْعَةٌ = | Tujuh |
طَالِبَةٌ = | Siswi | | عَشَرَةٌ = | Sepuluh |
مَدْرَسَةٌ = | Sekolah | | ثَلاَثٌ = | Tiga |
أُسْتَاذٌ = | Guru (lk2) | | صُوْرَةٌ = | Foto / Gambar |
أُسْتَاذَةٌ = | Guru (pr) | | حَقِيْبَةٌ = | Tas |
مُوَظَّفٌ = | Pegawai (lk2) | | إِسْمٌ = | Nama |
مُوَظَّفةٌ = | Pegawai (pr) | | قَلَمٌ = | Pulpen |
مُمَرِّضٌ = | Perawat (lk2) | | كِتاَبٌ = | Kitab |
مُمَرِّضَةٌ’عق = | Perawat (pr) | | يَدٌ = | Tangan |
تِلْمِيْذٌ = | Murid (lk2) | | هَلْ = | Apakah |
تِلْمِيْذَةٌ = | Murid (pr) | | هَذَا = | Ini (mudzakkar) |
ضَابِطٌ = | Polisi | | هَذِهِ = | Ini (Muannas) |
جَمِيْلٌ _ جَمِيْلَةٌ = | Indah / Bagus / Tampan / Cantik | | ذاَلِكَ = | Itu (mudzakkar) |
جَدِيْدٌ _ جَدِيْدَةٌ = | Baru | | تِلْكَ = | Itu (Muannas) |
كُرْسِيٌّ = | Kursi | | مُدَرِّسٌ = | Bapak Guru |
قَلَمٌ = | Pulpen | | مُدَرِّسَةٌ = | Ibu Guru |
غَنِيَّةٌ = | Kaya | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar