Minggu, 17 Januari 2010

Modul 2 X Smt I

KEGIATAN BELAJAR 3

IDENTITAS DIRI

A. Standar Kompetensi : MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri.
B. Kompetensi Dasar : 1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
C. Indikator : - Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan
- Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
- Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.
D. Tujuan Pembelajaran
Agar siswa mampu mengungkapkan huruf, kata, maupun kalimat dalam bahasa arab secara benar dan tepat.
E. Kegiatan Belajar
1. Siswa mendengarkan cerita dari guru pembimbing tentang identitas diri (salam, selamat pagi - selamat siang - selamat sore, nama, alamat, selamat datang, dan lain-lain )
2. Siswa mendengarkan wacana yang memuat kosa kata, pola kalimat, kata ganti, dan ungkapan komunikatif sesuai tema.
F. Materi Belajar
1. Kata yang harus dilatih dengan mengucapkan secara berulang-ulang, guru memperdengarkan bacaan beberapa kalimat di bawah ini kemudian siswa menirukannya secara berulang-ulang.
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ - وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ - أَهْلاً وَسَهْلاً - أَهْلاً بِكَ - أَهْلاً بِكِ –
أَنَا – أَنْتَ – أَنْت- مَنْ أَنْتَ – مَنْ أَنْتِ
2. Contoh wacana sederhana yang harus didengarkan oleh siswa :
Sapaan Jawaban
۱. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ! وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ!
۲. مَنْ أَنْتَ؟
أَنَا حَسَنٌ، أَناَ مِنْ جَاكَرْتَا
أَنْتَ إِلْياَسُ، أَنْتَ مِنْ سُوْرَابَايَا
أَنْتَ مِنْ جَاوَى الشَّرْقِيَّةِ
۳. مِنْ أَيْنَ أنتِ؟
أَنَا مِنْ بَاْندُونْج، أَناَ مِنْ جَاوَى الْغَرْبِيَّةِ.
وَعَائِشَةُ مِنْ Balikpapan، كَالِيْمَانْتَانْ اَلشَّرْقِيَّةِ
وَفَاطِمَةُ مِنْ Padang ، سُوْمَطْرَا الْغَرْبِيَّةِ
٤. أَهْلاً وَسَهْلاً! أَهْلاً بِكَ!
٥. شُكْرًا! عَفْوًا!
3. Kata ganti
أَنَا حَسَنٌ أنا bisa dipakai untuk laki dan perempuan
أمنة
أَنْتَ حَسَنٌ أنتَ dipakai untuk laki saja
أَنْتِ أمنة أنتِ dipakai untuk perempuan saja



4. Pertanyaan
a. Dengan menggunakan kata Tanya مَنْ
مَنْ أَنْتَ؟ أَنَا حَسَنٌ مَنْ dipakai untuk menanyakan laki dan perempuan yang berakal.

مَنْ أَنْتِ؟ أَنَا أَمِنَةُ
b. Dengan menggunakan kata Tanya مِنْ أَيْنَ
مِنْ أَيْنَ أَنْتَ ؟ أَنَا مِنْ جَاكَرْتَا
أَنَا مِنْ سُوْمَطْرَا
أَنَا مِنْ جَاوَى
أَنَا مِنْ سُوْكَا تَانِيْ مِنْ أَيْنَ dipakai untuk menanyakan asal-usul seseorang (laki-laki/perempuan)

أَنْتِ ؟
G. Latihan
1. Lakukanlah dialog sederhana bersama teman anda dengan menggunakan kalimat berikut ini:
۱. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ!
............................!
۲. مَنْ أَنْتَ؟
.............................
۳. مِنْ أَيْنَ أنتَ؟
.............................
٤. أَهْلاً وَسَهْلاً!
.............................
٥. شُكْرًا!
.............................

2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan gambar peta yang tersedia!
۱. مِنْ أَيْنَ أنتَ؟ أَنَا مِنْ .................
۲. مِنْ أَيْنَ أنتِ؟ أَنَا مِنْ .................
۳. مِنْ أَيْنَ أنتِ؟ أَنَا مِنْ .................
٤. مِنْ أَيْنَ أنتِ؟ أَنَا مِنْ .................
٥. مِنْ أَيْنَ أنتِ؟ أَنَا مِنْ .................
٦. مِنْ أَيْنَ أنتِ؟ أَنَا مِنْ .................
H. Kesimpulan
أَنَا (saya) Bisa dipakai untuk laki-laki dan perempuan
أَنْتَ (kamu) Hanya dipakai untuk laki-laki saja
أَنْتِ (kamu) Hanya dipakai untuk perempuan saja
مَنْ (siapa) Untuk menanyakan orang yang berakal baik laki-laki maupun perempuan
مِنْ أَيْنَ (dari mana) Untuk menanyakan asal-usul seseorang baik laki-laki maupun perempuan
I. Tes Formatif
1. Soal
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
۱. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ! ............................!
۲. مَنْ أَنْتَ؟ .............................
۳. مِنْ أَيْنَ أنتَ؟ .............................
٤. أَهْلاً وَسَهْلاً! .............................
٥. شُكْرًا! .............................
2. Umpan Balik dan Tindak Lanjut

Setelah anda selesai mengerjakan soal di atas, cocokkanlah jawaban anda dengan kunci jawaban pada tes formatif 1 yang ada pada bagian modul ini. Hitunglah jawaban anda yang benar, kemudian gunakan rumusan di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan anda terhadap materi kegiatan belajar ini.

Rumus





Arti tingkat penguasaan yang anda capai
90% - 100% : Baik Sekali
80% - 89% : Baik
70% - 79% : Sedang
< 70% : Kurang

Kalau anda mencapai (menguasai) hingga 80% ke atas, anda dapat meneruskan dengan kegiatan belajar 2 Bagus. Bila tingkat penguasaan anda masih di bawah 80% anda harus mengulangi lagi, terutama pada bagian yang belum anda kuasai.
2. Kunci jawaban
1 وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ!
2 أَنَا حَسَنٌ
3 أَنَا مِنْ بَاْندُونْج
4 أَهْلاً بِكَ!
5 عَفْوًا!

KOSA KATA BARU

أَنَا = Saya أَهْلاً بِكِ =
Balasan selamat datangt untuk perempuan
أَنْتَ = Kamu (laki-laki) اَلشَّرْقِيَّةُ = Timur
أَنْتِ = Kamu (perempuan) اَلْغَرْبِيَّةُ = Barat
مَنْ = Siapa اَلْوُسْطَي = Tengah
مِنْ أَيْنَ = Dari mana جَاوَى اَلشَّرْقِيَّةِ = Jawa Timur
أَهْلاً وَسَهْلاً = Selamat Datang جَاوَى اَلْغَرْبِيَّةُ = Jawa Barat
أَهْلاً بِكَ = Balasan selamat datangt untuk laki-laki جَاوَى اَلْوُسْطَي = Jawa Tengah








لَيْسَ الْفَتَى مَنْ يَقُوْلُ هَذَا أَبِيْ، وَلَكِنَّ الْفَتَى مَنْ يَقُوْلُ هَذَا اَنَا ذَا
Bukanlah dikatakan seorang pemuda jika ia masih membanggakan kejayaan pendahulunya, akan tetapi yang dikatakan pemuda adalah orang yang mampu menunjukkan kemampuan dirinya sendiri

TUGAS MENERJEMAHKAN

Terjemahkan Teks berikut ini ke dalam Bahasa Indnesia

إِلَى الْمَدْرَسَةِ

مُحَمَّدٌ يَسْكُنُ بَعِيْدًا عَنِ الْمَدْرَسَةِ وَهُوَ يَصِلُ دَائِمًا مُتَأَخِّرًا إِلَى الْمَدْرَسَةِ. قَالَ مُحَمَّدٌ : يَا وَالِدِيْ أَحْتَاُج إِلَى دَرَّاجَةٍ. قَالَ وَالِدُهُ : حَقًّا سَأَشْتَرِيْ لَكَ دَرَّاجَةً جَمِيْلَةً.

ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلَى السُّوْقِ مَعَ وَالِدِهِ. وَقَفَ مُحَمَّدٌ اَمَامَ مَعْرَضِ الدَّرَّاجَاتِ. هَذِهِ دَرَّاجَةٌ كَبِيْرَةٌ وَتِلْكَ دَرَّاجَةٌ صَغِيْرَةٌ. هُنَا دَرَّاجَةٌ حَضْرَاءُ وَهُنَاكَ دَرَّاجَةٌ حَمْرَاءُ.

قَالَ مُحَمَّدٌ لِلْبَائِعِ : أُرِيْدُ تِلْكَ الدَّرَّاجَةَ الْحَمْرَاءَ. أَحْضَرَ الْبَائِعُ الدَّرَّاجَةَ وَقَالَ لِمُحَمَّدٍ تَفَضَّلْ.

رَكِبَ مُحَمَّدٌ الدَّرَّاجَةَ ثُمَّ قَالَ لِوَالِدِهِ : هَذِهِ دَرَّاجَةٌ سَرِيْعَةٌ يَا وَالِدِيْ: قَالَ وَالِدُهُ : حَقًّا هَذِهِ دَرَّاجَةٌ سَرِيْعَةٌ وَجَمِيْلَةٌ. قَالَ مُحَمَّدٌ : يَا وَالِدِيْ سَأَصِلُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ دَائِمًا مُبَكِّرًا.

Jalan2 Ke Ibukota

الرحلة إلى عاصمة البلاد

نَجَحَ صَادِقٌ فِى اْلإِمْتِحَانِ فَأَخَذَهُ وَالِدُهُ إِلَى اْلعَاصِمَةِ، لِيَشْتَرِيَ لَهُ بَعْضَ الْهَدَايَا. كَانَ صَادْقٌ سَعِيْدًا، فَهَذِهِ أَوَّلُ مَرَّةٍ يُشَاهِدُ فِيْهَا الْعَاصِمَةُ، إِنَّهاَ جَمِيْلَةٌ وَوَاسِعَةٌ وَالنَّاسُ كَثِيْرُوْنَ وَالْعِمَارَاتُ عَالِيَةٌ وَالْحَدَائِقُ.

نَزَلَ صَادِقٌ مَعَ وَالِدِهِ وَسَطَ الْمَدِيْنَةِ وَذَهَبَا إِلَى مَطْعَمٍ مُزْدَحِمٍ، تَنَاوَلاَ فِيْهِ طَعَامًا لَذِيْذًا ثُمَّ شَرِبَا عَصِيْرًا بَارِدًا.

بَعْدَ ذَالِكَ ذَهَبَا إِلَى الْمَكْتَبَةِ وَاشْتَرَى لَهُ وَالِدُهُ حَقِيْبَةً جَدِيْدَةً وَبَعْضَ الْكُتُبِ وَالْكُرَّاسَاتِ، وَاْلأَقْلاَمِ، ثُمَّ ذَهَبَا إِلَى دُكَّانٍ وَاشْتَرَى لَهُ وَالِدُهُ قَمِيْصًا وَبَعْضَ الْحَلْوَى.

بَعْدَ ذَالِكَ رَكِبَا الْحَافِلَةَ وَنَزَلاَ أَمَامَ حَدِيْقَةِ الْعَاصِمَةِ وَهِيَ حَدِيْقَةٌ وَاسِعَةٌ وَفِيْهَا أَطْفَالٌ كَثِيْرُوْنَ يَلْعَبُوْنَ وَيَقْفِزُوْنَ. لَعِبَ صَادِقٌ كَثِيْرًا فِى الْحَدِيْقَةِ، وَكَانَ يَجْرِيْ وَيَقْفِزُ سَعِيْدًا.

فِى الْعَصْرِ رَكِبَا الْقِطَارَ وَرَجَعَا إِلَى الْبَيْتِ.

1. أكمل الجمل الأتية بالكلمة المناسبة!

1. أخذه والده إلى ...

أ – المدينة

ب- العاصمة

ج- القرية

2. ذهب صادق مع أولا إلى ...

أ – الحديقة

ب- المطعم

ج- الدكان

3. اشترى له والده .... من المطعم

أ – طعاما

ب- الحلوى

ج- الأقلام

4. ذهبا إلى الحديقة ...

أ – بالقطار

ب- بالسيارة

ج- بالحافلة

5. هذه .... مرة يشاهد فيها العاصمة

أ – أخر

ب- أول

ج- ثالث

2. أجب

1. لماذا أخذه والده إلى العاصمة؟

.......................................

2. ماذا تناولا فى المطعم؟

.......................................

3. ماذا اشترى له والده من المكتبة؟

.......................................

4. ماذا اشترى له والده من الدكان؟

.......................................

5. ماذا يفعل الأولاد فى الحديقة؟

.......................................

3. ضع خطا تحت الكلمة الغريبة فى كل مجموعة :

1. يكتبُ – ينامُ – يقرأُ – يدرسُ

2. كتابٌ – برتقالةٌ – كراسةٌ – قلمٌ

3. مطبخٌ – حمامٌ – غرفةٌ – معملٌ

4. دفترٌ – تفاحٌ – موزةٌ – حلوى

4.حول كما فى المثالين!

المثال (1) : م – صادقٌ سعيدٌ

ت- كان صادقٌ سعيداً

المثال (2) : م – فاطمةٌ نشيطةُ

ت- كانت فاطمةُ نشيطةً

Soal dan Jawaban Remidi X

REMIDI X

Soal

1

مَا اسْمُك؟

Siapa namamu?

2

مِنْ أَيْنَ أَنْتَ؟

Dari mana kamu?

3

هَلْ أَنْتَ طَالِبٌ؟

Apakah kamu seorang pelajar?

/ هَلْ أَنْتَ طَالِبَةٌ؟

4

هَلْ أَنْت مِنْ أَنْدُوْنِيْسِيَا؟

Apakah kamu dari Indonesia?

5

هَلْ أَنْت أَنْدُوْنِيْسِيٌّ / أَنْدُوْنِيْسِيَّةٌ؟

Apakah kamu orang Indonesia?

Jawab

1

اِسْمِيُ......

Namaku ….

2

أَنَا مِنْ ......

Saya dari …

3

نَعَمْ أَنَا .....

Ya saya seorang pelajar

/ هَلْ أَنْتَ طَالِبَةٌ؟

4

نَعَمْ أَنَا مِنْ أَنْدُوْنِيْسِيَا

Ya saya dari Indonesia

5

نَعَمْ أَنَا أَنْدُوْنِيْسِيٌّ / أَنْدُوْنِيْسِيَّةٌ

Ya saya orang Indonesia