Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri.
B.Kompetensi Dasar:1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan danmembedakan secara tepat.
C.Indikator:- Menentukan huruf hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar.
- Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan fasih.
D. Tujuan Pembelajaran
Agar siswa mampu mengungkapkan huruf, kata, maupun kalimat dalam bahasa arab secara benar dan tepat
E. Kegiatan Belajar
1. Guru / beberapa siswa yang sudah bisa melafalkan huruf-huruf hijaiyah, (mewakili teman sekelasnya) untuk membacakannya satu persatu dengan fasih dan benar.
2. Siswa mendengarkan bacaan guru atau siswa mendengarkan bacaan teman sekelasnya dengan baik dan atau dengan membaca huruf latinnya dengan baik.
F.Materi Belajar
1. Nama-nama huruf hijaiyah :
ا
ب
ت
ث
ج
ح
خ
د
ذ
ر
ز
Alif
Ba
Ta
Tsa
Jim
Ha
Kho
Dal
Dzal
Ro
Za
س
ش
ص
ض
ط
ظ
ع
غ
ف
ق
ك
Sin
Syin
Shod
Dhod
Tho
Zho
'ain
Ghoin
Fa
Qof
Kaf
ل
م
ن
و
هه
لا
ء
ي
Lam
Mim
Nun
Wawu
Ha
Lam alif
Hamzah
Ya
2. Bunyi bacaan huruf yang berharakat fathah :
اَ
بَ
تَ
ثَ
جَ
حَ
خَ
دَ
ذَ
رَ
زَ
a
ba
Ta
tsa
ja
Ha
Kho
da
dza
Ro
za
سَ
شَ
صَ
ضَ
طَ
ظَ
عَ
غَ
فَ
قَ
كَ
Sa
sya
shod
dho
tho
Zho
'a
gho
fa
Qo
ka
لَ
مَ
نَ
وَ
هَه
لاَ
ءَ
يَ
la
ma
Na
wa
ha
Laa
a
ya
3. Bunyi bacaan huruf yang berharakat kasroh:
اِ
بِ
تِ
ثِ
جِ
حِ
خِ
دِ
ذِ
رِ
زِ
I
bi
Ti
tsi
ji
Hi
khi
di
dzi
Ri
zi
سِ
شِ
صِ
ضِ
طِ
ظِ
عِ
غِ
فِ
قِ
كِ
si
syi
shi
dhi
thi
Zhi
'i
ghi
fi
Qi
ki
لِ
مِ
نِ
وِ
هِه
ءِ
يِ
li
mi
Ni
wi
hi
I
yi
4. Bunyi bacaan huruf yang berharakat dhommah :
اُ
بُ
تُ
ثُ
جُ
حُ
خُ
دُ
ذُ
رُ
زُ
U
bu
Tu
tsu
Ju
Hu
khu
du
dzu
Ru
zu
سُ
شُ
صُ
ضُ
طُ
ظُ
عُ
غُ
فُ
قُ
كُ
su
syu
shu
dhu
thu
Zhu
'u
ghu
fu
Qu
ku
لُ
مُ
نُ
وُ
هُه
ءُ
يُ
Lu
mu
Nu
wu
hu
U
yu
5. Bunyi bacaan huruf yang berharakat fathah tanwin :
اً
بً
تً
ثً
جً
حً
خً
دً
ذً
رً
زً
an
ban
Tan
tsan
jan
Han
khon
dan
dzan
Ron
zan
سً
شً
صً
ضً
طً
ظً
عً
غً
فً
قً
كً
san
syan
shon
dhon
thon
zhon
'an
ghon
fan
Qon
kan
لً
مً
نً
وً
هًه
لاً
ءً
يً
lan
man
nan
wan
han
Lan
an
yan
6. Bunyi bacaan huruf yang berharakat kasroh tanwin:
اٍ
بٍ
تٍ
ثٍ
جٍ
حٍ
خٍ
دٍ
ذٍ
رٍ
زٍ
In
bin
tin
tsin
jin
Hin
khin
din
dzin
Rin
zin
سٍ
شٍ
صٍ
ضٍ
طٍ
ظٍ
عٍ
غٍ
فٍ
قٍ
كٍ
sin
syin
shin
dhin
thin
Zhin
'in
ghin
fin
Qin
kin
لٍ
مٍ
نٍ
وٍ
هٍه
ءٍ
يِ
lin
min
nin
win
hin
In
yin
7. Bunyi bacaan huruf yang berharakat dhommah tanwin:
اٌ
بٌ
تٌ
ثٌ
جٌ
حٌ
خٌ
دٌ
ذٌ
رٌ
زٌ
un
bun
tun
tsun
jun
Hun
khun
dun
dzun
Run
zun
سٌ
شٌ
صٌ
ضٌ
طٌ
ظٌ
عٌ
غٌ
فٌ
قٌ
كٌ
sun
syun
shun
dhun
thun
zhun
'un
ghun
fun
Qun
kun
لٌ
مٌ
نٌ
وٌ
هٌه
ءٌ
يٌ
lun
mun
nun
wun
hun
Un
yun
8. Bunyi bacaan huruf yang berharakat sukun / mati :
إِ أْ
إِ بْ
إِ تْ
إِ ثْ
إِ جْ
إِ حْ
إِ خْ
إِ دْ
إِ ذْ
إِ رْ
إِ زْ
i'
ib
it
its
ij
Ih
ikh
id
idz
Ir
iz
إِ سْ
إِ شْ
إِ صْ
إِ ضْ
إِ طْ
إِ ظْ
إِ عْ
إِ غْ
إِ فْ
إِ قْ
إِ كْ
is
isy
ish
idh
ith
Izh
i'
igh
If
Iq
ik
إِ لْ
إِ مْ
إِ نْ
إِ وْ
إِ هْه
إِ ءْ
إِ يْ
il
im
in
iw
ih
I'
iy
8. Bunyi bacaan huruf yang berharakat tasydid :
إِ بَّ
إِ تَّ
إِ ثَّ
إِ جَّ
إِ حَّ
إِ خَّ
إِ دَّ
إِ ذَّ
إِ رَّ
إِ زَّ
ib_ba
it_ta
its_tsa
ij_ja
ih_ha
ikh_kho
id_da
idz_dza
ir_ro
iz_za
إِ سَّ
إِ شَّ
إِ صَّ
إِ ضَّ
إِ طَّ
إِ ظَّ
إِ عَّ
إِ غَّ
إِ فَّ
إِ قَّ
إِ كَّ
is_sa
isy_sya
ish_sho
idh_dho
ith_tho
izh_zho
i'_'a
igh_gho
if_fa
iq_qo
ik_ka
إِ لَّ
إِ مَّ
إِ نَّ
إِ وَّ
إِ هَّه
إِلاَّ
إِ يَّ
il_la
im_ma
In_na
iw_wa
ih_ha
il_la
iy_ya
G.Latihan
a. Latihan satu
أَ إِ أُ
بَ بِ بُ
تَ تِ تُ
ثَ ثِ ثُ
جَ جِ جُ
حَ حِ حُ
خَ خِ خٌ
دَ دِ دُ
ذَ ذِ ذٌ
رَ رِ رُ
زَ زِ زُ
سَ سِ سُ
شَ شِ شُ
صَ صِ صُ
ضَ ضِ ضُ
طَ طِ طُ
ظَ ظِ ظُ
عَ عِ عُ
غَ غِ غُ
فَ فِ فُ
قَ قِ قُ
كَ كِ كُ
لَ لِ لُ
مَ مِ مُ
نَ نِ نُ
وَ وِ وُ
هَه هِه هُه
ءَ ءِ ءُ
يَ يِ يُ
b. Latihan dua
أً إٍ أٌ
بً بٍ بٌ
تً تٍ تٌ
ثً ثٍ ثٌ
جً جٍ جٌ
حً حٍ حٌ
خً خٍ خٌ
دً دٍ دٌ
ذً ذٍ ذٌ
رً رٍ رٌ
زً زٍ زٌ
سً سٍ سٌ
شً شٍ شٌ
صً صٍ صٌ
ضً ضٍ ضٌ
طً طٍ طٌ
ظً ظٍ ظٌ
عً عٍ عٌ
غً غٍ غٌ
فً فٍ فٌ
قً قٍ قٌ
كً كٍ كٌ
لً لٍ لٌ
مً مٍ مٌ
نً نٍ نٌ
وً و وٌ
هًه هٍه هٌه
ءً ءٍ ءٌ
يً يٍ يٌ
H.Rangkuman
Dibaca
Nama tanda baca
Bentuk tanda baca
A
Fathah
__َ
I
Kasroh
__ِ
U
Dhommah
__ُ
An
Fathah tanwin
__ً
In
Kasroh tanwin
__ٍ
Un
Dhommah tanwin
__ٌ
Huruf dibaca mati
Sukun
ْ__
Huruf dibaca dua kali, yang awal mati yang kedua hidup
Tasydid
ّ__
I.Tes Formatif
1. Soal
Bacalah huruf-huruf berikut ini, dengan cara menuliskan huruf latinnya!
١.أَ بَ تَ ثَ جَ حَ خَ
٢.دَ ذَ رَ زَ سَ شَ صَ
٣. ضَ طِ ظِ عِ غِ فِ قِ
٤.كِ لِ مِنِ وِ هِـءِ يِ
٥.أً بٍ تٌ ثً جٍ حٌ خً
٦.دٍ ذٌ رً زٍ سٌ شً صٍ
٧.ضٌ طً ظٍ عٌ غً فٍ قٌ
٨.كً لٍ مٌنً وٍ هٌـءً يٍ
٩.إِقَّإِطَّإِبَّإِجَّإِدَّ
١٠. أَكْأَلْأَمْأَنْأَسْأَزْ
2. Umpan Balik dan Tindak Lanjut
Setelah anda selesai mengerjakan soal di atas, cocokkanlah jawaban anda dengan kunci jawaban pada tes formatif 1 yang ada pada bagian modul ini. Hitunglah jawaban anda yang benar, kemudian gunakan rumusan di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan anda terhadap materi kegiatan belajar ini.
Rumus
Arti tingkat penguasaan yang anda capai
90%-100%: Baik Sekali
80%-89%: Baik
70%-79%: Sedang
<70%: Kurang
Kalau anda mencapai (menguasai) hingga 80% ke atas, anda dapat meneruskan dengan kegiatan belajar 2 Bagus. Bila tingkat penguasaan anda masih di bawah 80% anda harus mengulangi lagi, terutama pada bagian yang belum anda kuasai.